Morning Rush 13 Januari 2021
View PDF
13 Jan 2021

Global Market Closing Review

Bursa Eropa (UE) ditutup negatif cukup tipis sedangkan Bursa Amerika (AS) ditutup positif dengan sentimen yang mempengaruhi pergerakan salah satunya adalah fokus pasar terhadap perkembangan angka penyebaran covid di seluruh dunia, detil stimulus ekonomi AS yang akan diberikan oleh Presiden Terpilih Biden esok hari waktu setempat dan perkembangan politik AS.


Asia Market Opening Review

Sebagian bursa Asia dibuka variatif, dengan isu domestik seperti efektif pemberlakukan status darurat nasional mulai berlaku di Malaysia hari ini setelah sebelumnya Jepang menerapkan pada daerah Ibukota dan daerah sekitarnya dengan kemungkinan perluasan wilayah jika peningkatan kasus Covid-19 masih berlanjut. 


Domestic News 

  • Pembentukan Lembaga Pengelolaan Investasi Indonesia atau Nusantara Investment Authority (NIA) memasuki tahapan usulan nama Dewan Pengawas ke DPR RI oleh Kemenkeu. Pembentukan NIA yang ditargetkan mulai berjalan tahun ini, akan membutuhkan modal awal oleh pemerintah dikisaran Rp15 s.d 74 triliun dengan target dana dihimpun dan dikelola bisa mencapai Rp225 triliun. 
  • Pembelian vaksin Pfizer oleh Biofarma saat ini memasuki tahap akhir persetujuan beberapa klausul, antara lain terkait kesepakatan hukum serta pihak yang mewakili transaksi jual-beli. Sebelumnya ditargetkan kesepakatan dapat terjadi pada pertengahan Januari tahun ini, dengan rencana pembelian pertama sebanyak 50 juta vaksin.


Emiten 

ALDO - perusahaan menyiapkan anggaran belanja modal (capex) hingga Rp160 miliar untuk tahun ini, atau jauh lebih tinggi dari anggaran 2020 sebesar Rp7 miliar. Adapun penggunaan capex 2021 untuk pengembangan bisnis paper bag seiring momentum pelarangan kantong plastik sekali pakai di beberapa daerah, dengan sasaran pasar yaitu pelaku usaha ritel seperti toko swalayan, supermarket, dan lainnya. Saat ini segmen kertas menyumbang 60% pendapatan perusahaan.

GIAA - menyampaikan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) perusahaan belum akan menjual tiket pesawat hingga full capacity meski diperbolehkan Kementerian Perhubungan. Hal inj dilakukan agar tetap menerapkan peraturan distancing yang sebelumnya berlaku di masa PSBB demi keamanan penumpang.

ISAT - dalam paparan publik insidentil yang diberikan atas permintaan BEI terkait kenaikan harga baru-baru ini, perusahaan menyampaikan hingga saat ini belum ada progres signifikan dan dampak material atas nota kesepahaman negosiasi eksklusif yang telah ditandatangani induk perusahaan dengan CK Hutchinson (induk Hutchinson 3 Indonesia) terkait merger 2 perusahaan tersebut.






PT Mandiri Sekuritas 

Menara Mandiri 1 Lt. 24 - 25, Jl. Jend. Sudirman Kav. 54 - 55, Jakarta 12190,

Indonesia Tel. (62-21) 526 3445 Fax. (62-21) 526 3521

www.most.co.id